Belajar Pemrograman C++ Seri 1 : Pengenalan

By | Januari 14, 2019

Halo calon programmer!

Belajar Pemrograman C++
Belajar Pemrograman C++

Menjadi programmer merupakan salah satu pilihan paling keren di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini. Dengan belajar pemrograman C++ terlebih dahulu, kamu akan bisa menjadi seorang programmer yang hebat dan mampu beradaptasi dengan bahasa pemrograman lainnya.

Sebelum mulai mari kita bahas terlebih dahulu apa itu C++. C++ merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup. C++ merupakan turunan (anak) dari bahasa pemrograman C.

Bahasa C sendiri diciptakan oleh Denis Ritchie dan Brian Kernigham.

Seberapa populer ‘kah C++ Itu?

C++ sangat populer. Minimal di kalangan pendidikan Indonesia. C++ masuk dalam kurikulum K13 yang diajarkan di jurusan komputer. Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak mengajarkan C++ di pelajaran Pemrograman Dasar.

Secara internasional, C++ juga termasuk salah satu bahasa pemrograman yang populer. Dengan acuan dari index popularitas bahasa pemrograman yang dikeluarkan oleh TIOBE, pada Januari 2019 ini C++ berada di peringkat 4 dari ratusan bahasa pemrograman yang ada di dunia. Dengan demikian, jika kita menguasai C++ maka besar kemungkinan kemampuan kita akan mampu diterima secara internasional.

Dengan menguasai C++ kita bisa dengan mudah mempelajari bahasa pemrograman lainnya yang masih satu “keluarga” seperti C, Java, PHP, C# hingga JavaScript.

Siapa yang menggunakan C++?

C++ digunakan dalam berbagai bidang komputer misalnya anti virus, program robotika, dan paling populer digunakan di bidang pemrograman game. Jadi jika kamu ingin membuat game, coba pelajari C++ dengan sungguh-sungguh. Dengan belajar pemrograman C++ terlebih dahulu, kamu akan bisa menjadi seorang programmer yang hebat dan mampu beradaptasi dengan bahasa pemrograman lainnya.Jika kamu ingin membuat robot yang bisa berjalan otomatis atau dikontrol dari jarak jauh, C++ adalah pilihan yang tepat.

Apa yang dibutuhkan untuk belajar pemrograman C++?

Oke, sudah tidak sabar ingin belajar C++ ya?

Peralatan yang digunakan adalah :

  1. Perangkat komputer (sudah pasti) dengan spesifikasi standar. Tidak harus yang serba kekinian. Komputer jadul pun seharusnya tidak masalah. Misalnya komputer dengan prosesor Pentium IV dan RAM 2 GB itu sudah sangat cukup untuk belajar C++. Jika kamu membeli laptop akhir-akhir ini, bisa dikatakan itu sudah pasti bisa digunakan untuk belajar alias koding C++.
  • Sebuah compiler dan editor untuk menulis kode program. Secanggih apapun komputer yang kamu punya, jika tidak memiliki salah satu software compiler + editor ya kamu tidak akan bisa menulis program C++. Ada beberapa software terkenal yang bisa digunakan jika kamu menggunakan sistem operasi Windows misalnya DevC++, CodeBlocks, Microsoft Visual C++ atau Qt. Diantara semua software tersebut saya merekomendasikan CodeBlocks karena tidak terlalu membutuhkan prosesor dan RAM yang besar.

Tampilan software CodeBlocks adalah seperti gambar di bawah ini. Jika kamu berminat, download saja langsung di halaman resminya : www.codeblocks.org.

belajar c++ screenshot codeblocks
Tampilan CodeBlocks

Psst, untuk software yang bernama “Qt”, cara bacanya bukan “ki – te”, tetapi dibaca seperti kalau kita membaca tulisan “cute” yaitu “kiyut” 🙂

Bagaimana cara meng-install programnya?

Pastikan kamu sudah men-download program CodeBlocks dari situs resminya sesuai dengan versi Windows yang kamu punya.

Untuk melakukan instalasi CodeBlocks, cukup double click programnya, lalu tekan next – next – next sampai finish.

Hanya seperti itu saja? Iya, kamu pasti bisa.

Bagaimana cara menulis program C++?

Yang pertama, jalankan software CodeBlocks yang sudah ter-install. Kemudian pilih menu File – New – Empty File. Atau jika kamu ingin terlihat 1 level lebih keren dari calon programmer lain, gunakan kombinasi Ctrl + Shift + N.

Hasilnya adalah halaman kosong seperti ini.

belajar c++ screenshot halaman baru codeblocks
Halaman Baru CodeBlocks

Agar jadi kebiasaan yang bagus, langsung kita simpan file baru tersebut dengan memilih menu File – Save File atau dengan kombinasi Ctrl + S. Simpan dengan nama “halo.cpp” tanpa tanda petik dua.

Pastikan untuk selalu menambahi akhiran “.cpp” karena kita menulis program C++.

Setelah disimpan, ketikkan baris kode berikut ini. Ini adalah barisan puisi kode program C++ pertama yang akan kamu buat.

 #include <iostream>
using namespace std; 

int main() {
cout << “halo calon programmer” << endl;
return 0;

Tampilan CodeBlocks dengan kode program C++ menjadi seperti ini :

belajar c++ screenshot codeblocks
Tampilan CodeBlocks

Perhatikan penulisan titik koma, petik dua, dan tanda baca lainnya yang ada di dalam kode program. Penting ‘kah? Sangat penting. Jika kita salah mengetikkan kode program, program tidak bisa dijalankan alias error.

Bagaimana cara menjalankan program C++?

Untuk menjalankan program “halo.cpp” di atas, pilih menu Build – Build and run. Bisa pula dengan jurus rahasia F9.

Apakah tampil tulisan “halo calon programmer” di layar komputer? Jika iya, selamat ya, kamu berhasil menuliskan kode program C++ pertama kamu dan kamu sudah sah menyandang gelar calon programmer (newbie).

Sampai jumpa di materi selanjutnya. Keep spirit!

Yuk bagikan ilmu ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *