My Setup Machine 2019

By | September 15, 2019

Daripada blog ini tidak ada isinya, kali ini saya ingin sharing sesuatu yang kadang di share juga oleh para programmer di luar sana : setup machine.

Well, ini memang tidak akan sedetail yang orang-orang tuliskan karena level saya tentu saja ada jauh di bawah para profesional di bidang IT, tetapi boleh lah saya tulis sesuai realita yang ada.

Laptop

Alhamdulillah laptop HP tahun 2017 dengan spesifikasi standar masih bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Core i5 7th Gen dengan RAM 4 GB dan kartu grafis AMD Radeon. Sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari yang jauh dari gaming di laptop.

Tidak ingin ganti jadi Macbook? Tidak, terima kasih 🙂

Sistem Operasi

Dibandingkan dengan laptop, menurut saya topik ini jauh lebih asyik untuk dibahas. Sejak tahun 2017 alias semenjak laptop ini dipakai, saya memutuskan untuk hijrah sepenuhnya dari sistem operasi Windows 10 dan sebagai gantinya saya full menggunakan instalasi Linux Mint 19.2 versi Cinnamon.

Windows 7 masih ada tetapi hanya sebatas ada di VirtualBox, untuk kebutuhan mengajar yang kadang masih harus ngajari para pemula komputer.

Selama menggunakan Linux Mint saya sangat puas dengan performa dan kustomisasi yang ada. Karena saking terbiasanya hingga mau mencoba Linux versi lain seperti Deepin, Ubuntu, hingga Manjaro sekalipun pada akhirnya akan kembali juga ke Linux Mint. Sebagai tambahan saja, Linux yang pertama kali saya coba namanya Fedora tetapi sudah tidak cocok lagi dengan mode tampilannya yang sekarang…

Text Editor

Text editor adalah masalah selera. Kadang saat tutorial yang saya tonton menggunakan Atom, jadi pakai Atom. Kadang VS Code, kadang Sublime Text. Brackets saya tidak tertarik.

Pada akhirnya yang sering saya gunakan akhir-akhir ini adalah VS Code untuk koding proyek pribadi dan Sublime Text untuk mengajar.

Yang asyik dari VS Code jelas karena ada integrasi Terminal di dalamnya. Meskipun pakai yang lain juga bisa-bisa saja diatur seperti itu, hanya saja akan lebih mdah jika dari sononya sudah ada.

Satu yang paling menyebalkan dari VS Code : lemot saat startup!

Teknologi yang Sedang Dipelajari

Saat tulisan ini dibuat sedang baca-baca saja tentang Laravel 6 serta membuat chatbot dengan menggunakan Botman.

Yuk bagikan ilmu ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *