Belajar Pemrograman C++ Seri 4 : Program Interaktif

By | Januari 17, 2019

Halo calon programmer!

Belajar Pemrograman C++ untuk Membuat Program Interaktif
Belajar Pemrograman C++

Program interaktif? Kedengarannya menarik. Jika pada materi sebelumnya kita sudah belajar pemrograman C++ pada materi operator-operator yang akan sering kita gunakan selama menulis kode C++, kali ini kita akan memasuki materi program interaktif.

Apa itu program interaktif?

Disini program interaktif secara sederhana berarti sebuah program yang bisa berinteraksi dengan penggunanya. Contoh kode yang sudah kita pelajari sebelumnya hanya berkutat pada menampilkan tulisan saja, tetapi pengguna belum bisa memasukkan data apapun bukan?

Bagaimana kalau pengguna ingin memasukkan namanya? Umurnya? Golongan darahnya? Nah, disini kita akan mempelajari satu fungsi kode bernama “cin”.

Jika “cout” kita cermati berarti “output” maka “cin” berarti “input”. Cin memang digunakan untuk mendapatkan input dari keyboard. Input yang dimasukkan pengguna akan disimpan ke dalam variabel yang kita sediakan. Untuk lebih jelasnya cermati kode berikut ini :

 #include <iostream>
using namespace std; 

int main() { 

// ini variabel untuk menyimpan input umur dari pengguna
int umur; 

cout << “masukkan umur kamu : “;
cin >> umur; 

cout << “baik, umur kamu adalah : ” << umur << endl;

return 0;

Saat program di atas dijalankan, pertama kali layar akan menampilkan output pesan “masukkan umur kamu” kemudian kursor akan berkedip-kedip. Ini artinya program sedang menunggu input dari kita sebagai pengguna. Misal kita ketik angka 16 kemudian tekan Enter.

Apa yang akan terjadi?

Angka 16 akan dibaca oleh perintah “cin” kemudian disimpan di dalam variabel “umur” yang sudah kita siapkan di atas dengan tipe data integer.

Program kemudian akan menampilkan pesan “baik, umur kamu adalah : “ dilanjutkan dengan isi dari variabel umur yakni angka 16 tadi sehingga output lengkapnya menjadi “baik, umur kamu adalah : 16”. Mudah sekali bukan?

Bagaimana jika ingin memasukkan nama?

Jika ingin menyimpan data nama kita, pasti tipe datanya bukan int karena int digunakan untuk bilangan bulat. Kalau nama? Pasti kita harus menggunakan string disini. Nah, kode untuk mendapatkan nama dari pengguna adalah sebagai berikut :

 #include <iostream>
using namespace std; 

int main() { 

// ini variabel untuk menyimpan input nama dari pengguna
string nama; 

cout << “mohon masukkan nama : “;
cin >> nama; 

cout << “selamat datang, ” << nama << endl;

return 0;
}  

Jalankan program di atas menggunakan CodeBlocks, atau jika kamu punya selera agak lain bisa menggunakan Microsoft Visual C++ atau Qt agar kekinian.

Saat dijalankan, program akan menampilkan pesan “mohon masukkan nama : “ terlebih dahulu. Kursor akan berkedip untuk menerima input nama dari kita sebagai pengguna. Ketikkan nama misalnya “adi” kemudian tekan Enter.

Program kemudian akan menampilkan pesan “selamat datang, adi”.

Tunggu, kok ada yang aneh?

Pada saat kursor berkedip meminta input nama dan kita ketikkan satu kata misal “adi”, program akan tampil sempurna. Tapi jika kita mengetikkan lebih dari satu kata misal “adi setiawan”, kenapa hanya ada “adi” yang tampil?

Tepat sekali. Kode “cin” memang hanya bisa membaca karakter sampai dia menemukan spasi. Makanya ketika cin membaca tulisan “adi setiawan”, setelah menemukan spasi setelah kata “adi” maka proses pembacaan tulisan berakhir tanpa sempat membaca “setiawan”.

Lalu solusinya bagaimana?

Ada satu jurus fungsi baru yang bisa kita gunakan disini. Ganti tulisan ini :

 cin >> nama; 

Menjadi :

 getline(cin, nama); 

Maka program akan membaca semua tulisan yang kita ketikkan meskipun tulisan tersebut mengandung spasi.

Sudah dicoba? Bagus!

Apa yang sudah dipelajari di materi singkat ini?

Prinsipnya untuk mendapatkan input kita bisa menggunakan “cin”. Pastikan kamu tidak salah dalam menuliskan tanda “>>” setelah kata “cin”. Bedakan dengan tanda yang ada pada “cout”. beda.

Jika kita membutuhkan input berjenis string, fungsi “cin” hanya akan membaca tulisan sampai menemukan spasi. Solusinya kita perlu mengganti kodenya menggunakan “getline”.

Nah, sampai disini dulu materi tentang program interaktif. Setelah ini Insya Allah kita akan melanjutkan materi ke bagian yang jauh lebih menarik. Tetap semangat koding, karena konon kabarnya menjadi seorang expert alias ahli butuh waktu 10.000 jam. Sementara kita baru belajar pemrograman C++ kurang dari 1 jam…

Yuk bagikan ilmu ini!

One thought on “Belajar Pemrograman C++ Seri 4 : Program Interaktif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *